Microsoft Word
Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word
adalah perangkat lunak pengolah
kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama
diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi
lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989). Setelah
menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007
diberi nama Microsoft Office Word. Di Office
2013, Namanya cukup
dinamakan Word
Banyak ide dan
konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang
dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta
Bravo, Charles
Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga
menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1
Februari 1983, pengembangan Multi-Tool
Word dimulai.
Setelah diberi
nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25
Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu
dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki
konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan
program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM
PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu
tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup
dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk
Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya,
diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS,
yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun
belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk
menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah
Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan
perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak
membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk
sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini
mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug.
Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang
jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi
salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan
Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis
pada tahun 1989, merupakan
versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya
Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat
populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat
dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel,
microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan
lain-lain.. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft
word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel
dan power point. Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak
perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word
2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan
perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru
untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan
microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat
maupun dokumen lain.
Fungsi Microsoft Word
Adapun fungsi dari mirosoft word adalah sebagai pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan aplikasi ini seperti:
Adapun fungsi dari mirosoft word adalah sebagai pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan aplikasi ini seperti:
- membuat surat
- membuat tabel
- membuat tulisan dengan berbagai variasi (word Art)
- memasukan gambar
- dan membuat dokumen
Manfaat Microsoft word
Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:
1. memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan
Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.
2. Menghemat Waktu dalam Pekerjaan
Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.
3. Menghemat Kertas dan Biaya.
Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.
Cara Mengaktifkan
Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
Mengenal Layar Kerja Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
Mengenal Layar Kerja Microsoft Word
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
Judul Window
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.
Office Button
Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar
Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada task bar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada task bar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
Menu
Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
5. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
6. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
7. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
8. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya
9. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
10. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK
11. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita
12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
13. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya
Judul Window
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.
Office Button
Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar
Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada task bar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada task bar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
Menu
Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
5. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
6. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
7. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
8. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya
9. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
10. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK
11. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita
12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
13. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya
Macam-macam shortcut keyboard pada microsoft word
Shortcut pada keyboard adalah tombol kombinasi pada keyboard
yang berfungsi sebagai jalan pintas untuk melakukan aktivitas tertentu pada
lembar kerja ms word. Dengan tombol shortcut memungkinkan pengguna untuk
mengerjakan sesuatu pekerjaan menjadi lebih cepat karena pengguna tidak perlu
mengarahkan kursor pada menu tertentu untuk melakukan aktivitas. Pengguna ms
word hanya perlu menekan tombol dari keyboard untuk memakai perintah tersebut.
Sebagai contoh, saat kita ingin menyimpan file dokumen ms word kita, kita harus menekan tombol office button pada bagian pojok kiri atas, kemudian memilih perintah save untuk menyimpan file. Akan sedikit lebih lama bukan? dibandingkan kita hanya perlu menekan tombol CTRL + S untuk menyimpan dokumen ms word. Atau seperti halnya jika kita ingin membuka dokumen baru, kita juga harus menekan office button kemudian pilih menu new. Akan tetapi jika kita bisa memanfaatkan tombol shortcut kita cukup menekan CTRL + N untuk membuka dokumen baru.
Berikut adalah tombol shortcut keyboard yang paling sering digunakan saat menggunakan microsoft office word:
CTRL + A : berfungsi untuk memblok keseluruhan teks pada lembar kerja.
CTRL + B : berfungsi untuk mengubah format font menjadi tebal (Bold)
CTRL + C : berfungsi untuk menyalin teks atau gambar (Copy)
CTRL + D : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Font
CTRL + E : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata tengah
CTRL + F : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + G : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + H : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)
CTRL + I : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi miring (Italic)
CTRL + J : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
CTRL + K : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink
CTRL + L : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kiri (Left)
CTRL + M : berfungsi untuk menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + N : berfungsi untuk membuka dokumen baru (New)
CTRL + O : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Open (Open)
CTRL + P : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog cetak (Print)
CTRL + Q : berfungsi untuk menghilangkan nomor urut
CTRL + R : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan (Right)
CTRL + S : berfungsi untuk menyimpan dokumen (Save)
CTRL + T : berfungsi untuk menggeser Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + U : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi bergaris bawah (Underline)
CTRL + V : berfungsi untuk menempelkan (paste) hasil teks yang sudah di Copy
CTRL + W : berfungsi untuk menyimpan dan langsung menutup program lemar kerja yang di pakai
CTRL + X : berfungsi untuk memotong teks (cut)
CTRL + Y : berfungsi untuk mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan (Redo)
CTRL + Z : berfungsi untuk membatalkan aktivitas terakhir (Undo)
Sebenarnya masih banyak sekali tombol shortcut yang bisa digunakan pada ms word, akan tetapi tombol shortcut diatas adalah tombol shortcut yang paling sering digunakan oleh pengguna saat menjalankan program microsoft word.
Semoga bisa bermanfaat ...
Sebagai contoh, saat kita ingin menyimpan file dokumen ms word kita, kita harus menekan tombol office button pada bagian pojok kiri atas, kemudian memilih perintah save untuk menyimpan file. Akan sedikit lebih lama bukan? dibandingkan kita hanya perlu menekan tombol CTRL + S untuk menyimpan dokumen ms word. Atau seperti halnya jika kita ingin membuka dokumen baru, kita juga harus menekan office button kemudian pilih menu new. Akan tetapi jika kita bisa memanfaatkan tombol shortcut kita cukup menekan CTRL + N untuk membuka dokumen baru.
Berikut adalah tombol shortcut keyboard yang paling sering digunakan saat menggunakan microsoft office word:
CTRL + A : berfungsi untuk memblok keseluruhan teks pada lembar kerja.
CTRL + B : berfungsi untuk mengubah format font menjadi tebal (Bold)
CTRL + C : berfungsi untuk menyalin teks atau gambar (Copy)
CTRL + D : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Font
CTRL + E : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata tengah
CTRL + F : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + G : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace
CTRL + H : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Find and Replace (tab Replace)
CTRL + I : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi miring (Italic)
CTRL + J : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan dan kiri (Justify)
CTRL + K : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Insert Hyperlink
CTRL + L : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kiri (Left)
CTRL + M : berfungsi untuk menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + N : berfungsi untuk membuka dokumen baru (New)
CTRL + O : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog Open (Open)
CTRL + P : berfungsi untuk membuka menu/kotak dialog cetak (Print)
CTRL + Q : berfungsi untuk menghilangkan nomor urut
CTRL + R : berfungsi untuk membuat teks menjadi rata kanan (Right)
CTRL + S : berfungsi untuk menyimpan dokumen (Save)
CTRL + T : berfungsi untuk menggeser Left Tab pada mistar dokumen
CTRL + U : berfungsi untuk mengubah format teks menjadi bergaris bawah (Underline)
CTRL + V : berfungsi untuk menempelkan (paste) hasil teks yang sudah di Copy
CTRL + W : berfungsi untuk menyimpan dan langsung menutup program lemar kerja yang di pakai
CTRL + X : berfungsi untuk memotong teks (cut)
CTRL + Y : berfungsi untuk mengulang/meneruskan kembali aktivitas yang dibatalkan (Redo)
CTRL + Z : berfungsi untuk membatalkan aktivitas terakhir (Undo)
Sebenarnya masih banyak sekali tombol shortcut yang bisa digunakan pada ms word, akan tetapi tombol shortcut diatas adalah tombol shortcut yang paling sering digunakan oleh pengguna saat menjalankan program microsoft word.
Semoga bisa bermanfaat ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar